Header Ads

DEBAT KUSIR ANTARA AHLI ILMU DAN ORANG SUFI

 


Debat Kusir Antara Ahli Ilmu dan Orang Sufi.

Ahli ilmu berkata kepada orang orang sufi: kalian dengan sungguh sungguh dan tulus banyak beramal namun amalan kalian minim dalil, banyak pakai hadits palsu, lemah, bahkan sekedar mimpi dan dongen guru kalian.
Sufi berkata kepada ahli ilmu: Kalian banyak dalil, pandai berdalil namun minim amalan, giliran kerja bakti, menghilang, tetangga kesusahan pura pura tidak tahu, giliran urusan dagang susah dipercaya, sia sia ilmu kalian. (Disadur dari Majmu' Fatawa Ibnu Taimiyyah 10/540-541)
Kawan! tentu yang sempurna adalah banyak berilmu dan juga banyak amalan yang semuanya dibingkai dalam keikhlasan hanya mengharap pahala dari Allah Ta'ala.
Itulah mimpi dan idealisme setiap muslim.
Namun faktanya, masing masing dari kita bisa jadi memiliki kelebihan di sisi keilmuan, namun loyo ketika tiba saatnya beramal.
Bisa jadi kita termasuk orang orang yang memiliki semangat 45 untuk beramal, namun loyo ketika diajak menimba ilmu.
Kesempurnaan dalam kedua aspek itu sangatlah minim. Hanya orang orang yang benar benar mendapat petunjuk dan pertolongan dari Allah Ta'ala yang kuasa menyandingkan antara kekuatan ilmu dan amal yang ikhlas.
Karena itu, yuk bercermin dahulu sebelum kita mengoreksi dan menyikapi saudara saudara kita yang berbeda ilmu dan amalan, jangan sampai kita semua bagaikan orang tuli berdebat dengan orang buta.
Ya Allah, kuatkanlah kaki kami untuk meniti jalan yang lurus, sarat ilmu dan semangat beramal dengan ikhlas, amiin.

Ustadz DR. Muhammad Arifin Badri, MA hafidzahullah

No comments

Powered by Blogger.